Rabu, 08 Oktober 2014

Pasuruan dengan Ciri khasnya



Hai. Apa kabar kawan? Semoga hari ini kalian senantiasa terlindungi dan mendapat ridho-Nya.
Pada kesempatan kali ini, aku akan sedikit mengulas tentang kota lahir sekaligus kota di mana aku dirawat oleh ayah dan bundaku tercinta. Itu adalah Kabupaten/Kota Pasuruan.
Sebagian besar orang Jawa Timur mengenal Kabupaten/Kota Pasuruan ini. Iya, ini adalah sebuah kota dengan penduduk islam terpadat serta banya juga yang menyebutnya sebagai kota santri. Menurut Peta Indonesia khususnya di daerah Jawa Timur, nampak jelas bahwa Pasuruan berada dekat dengan Selat Madura dengan menghadap ke arah Timur Laut. Selain lokasinya yang berada di pinggiran pantai, Pasuruan juga memiliki Budaya yang khas lho. Berikut budaya-budaya khas dari Kota Pasuruan.
1.      Hadrah Al-Banjari

Nah, sesuai dengan penjelasan di atas itu, bahwasanya Pasuruan merupakan Kota santri, salah satu buktinya dengan adanya kesenian Hadrah Al-Banjari ini kawan. Kalian tau tidak mengapa kesenian ini disebut kesenian Hadrah Al-Banjari?
Hal itu karena alat-alat yang mereka mainkan merupaka alat terbang dan juga aturan memukul alat terbangnya itu berasala dari Banjarmasin. Yang kemudian disebut sebagai Al-Banjari. Walaupun alat-alat keseniannya ini berasal dari Banjarmasin, namun hal itu tidak menyurutkan antusias penduduk Pasuruan untuk memainkannya. Hal itu karena kesenian ini sudah meluas di kalangan masyarakat.
Keistimewaan dari kesenian Hadrah Al-Banjari ini terdapat di dalam suaranya yang bertalu-talu dengan diringi suara bas. Bila dicermati, kesenian ini mirip dengan music samba dari Brasil. Biasanya kesenian ini dimainkan di dalam acara sunatan, pernikahan, hari-hari besar islam misalnya pada peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW.
2.      Kotekan Lesung/Tabuh Lesung

Kesenian kotekan/tabuh lesung ini biasanya dimainkan ketika panen padi di masyarakat pedesaan. Selain menjadi hiburan, di masa perjuangan, kesenian ini berguna sebagai kode rahasia yang berupa bunyi bila Belanda telah datang. Dan biasanya mereka memainkan lagu Londo Teko dan Rok-rok Asem.
3.      Tari Merak Abyor
Sanggar Tari Dharma Budaya Pasuruan inilah yang mengkreasikan Tari Merak Abyor ini dengan tari-tari merak yang telah ada. Kesenian tari ini adalah tarian khas Pasuruan yang pernah ditampilkan dalam PON pada tahun 2000 di Sidoarjo dan juga pernah ikut dalam Festival Karya Tari Merak pada Gelar Seni Budaya dan Pariwisata Jawa Timur pada tahun 1998/1999 dengan meraih sepuluh penyaji terbaik di festival tersebut.


4.      Pencak Silat Kuntu
Kesenian Pencak Silat Kuntu ini sudah ada sejak jaman Belanda dan terus berkembang hingga melahirkan banyak pendekar. Kesenian ini berada di bawah naungan Padepokan Pencak Silat Kuntu yang ada di Pedukuhan Mancilan.





5.      Terbang Bandung

Tari terbang Bandung merupakan sebuah drama tari tradisional khas rakyat Pasuruan yang dikembangkan dari seni hadrah. Tarian ini berasal dari modifikasi yang tetap mempertahankan seni aslinya yaitu Terbang Gandrung.


Tari Terbang Bandung yang ada saat ini merupakan hasil modifikasi dalam bentuk tarian lepas yang telah ditingkatkan nilai artistiknya namun masih tetap mempertahankan karakteristik aslinya. ‘ Terbang Gandrung ‘ yang semua pemainnya wanita, merupakan tari kreasi baru yang beaker dari Tari Terbang Bandung.

            Selain dari Kesenian, ada juga ini makanan-makanan khas dari Pasuruan yakni Bipang Jangkar, Kupang Keraton Pasuruan, Laba Rawon Nguling, Kue Cenil juga termasuk jajanan khas Pasuruan lho Kawan. Ada lagi ini Lupis Klanting, Rawon Sate Kuno, Lontong Balap Bumbu Kuning dan tentunya masih banyak lagi kawan. Namun aku tidak bisa menyebutkan semuanya. Dan karena keterbatasanku ini, maka aku mohon maaf ya? Ini gambar-gambar dari makanan-makanan yang tersebut di atas.


Rawon Nguling Cibubur
Rawon Sate Kuno                                           




  











Lupis Klanting 
                       











 
 Laba Rawon Nguling










            Di samping ada kesenian dan makanan khas dari Pasuruan, ada juga ini ciri khas lain dari Pasuruan yaitu Batik. Berikut adalah motif-motif batik asal Pasuruan.

1.      Batik Motif Daun Sirih dan Burung Kepodang

















2.      Batik Jumputan Pasir Bromo

3.      Batik nuansa bunga anggrek dengan nama Ciptaning Panca Kusuma Wijaya



Demikian itulah kawan sedikit ciri khas dari daerahku tercinta. Semoga bermanfaat bagi pembaca.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar